Headlines

BERITA

SIC

RESCUE

KLATEN

» » KESBANGPOLINMAS JATENG GELAR GIAT BELA NEGARA DAN BAKTI SOSIAL








Karut marut kondisi bangsa Indonesia yang terjadi bebarapa tahun terakhir seperti konflik SARA, krisis ekonomi, korupsi dan kekerasan di masyarakat membuat prihatin berbagai pihak. Hal itu disinyalir karena telah merosotnya nilai nasionalisme.
Menyikapi hal itu, maka Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jateng, dan Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia (FPBI) yang anggotanya berasal dari berbagai elemen lintas agama, suku, dan ras, ini mengadakan kegiatan bela negara dan bhakti sosial.   
Kepala Sub Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah, Purwanto mengatakan, untuk menangkal disintegrasi bangsa bisa dilakukan mulai dari keluarga kemudian secara sistematis oleh negara melalui pendidikan, penegakan hukum dan HAM. 




"Kegiatan bela negara bisa menangkal gangguan yang mengarah pada stabilitas nasional. Misalnya ada konflik SARA, itu muncul karena ada pemahaman tidak menyeluruh atau penafasiran keliru terhadap sesuatu hal misalnya agama. Makanya harus diberikan pemahaman pada masyarakat," katanya di sela-sela acara di Hotel Kintamani Temanggung,
Kepala Kesbangpol Kabupaten Temanggung, Istantiono, menuturkan, kegiatan bela negara yang diikuti berbagai elemen di Temanggung dan Jawa Tengah, mulai LSM, mahasiswa, PKK, SENKOM MITRA POLRI, dan berbagai organisasi sosial masyarakat itu agar mempunyai persamaan persepsi tentang ke Indonesiaan.

Salah satu peserta kegiatan bela negara Sri Widodo dari LSM LKJI, menyambut baik kegiatan itu. Pasalnya, dalam bela negara ditanamkan rasa nasionalisme, menghargai perbedaan namun tetap menjunjung NKRI. Dia berharap kegiatan serupa terus dilakukan oleh pemerintah agar ke depan Indonesia lebih maju.
Ketua FPBI Kabupaten Temanggung, Budi Santoso, mengatakan, selain dilakukan pembekalan materi kepada peserta juga diberikan praktek langsung pemberian wawasan nusantara dan Pancasila kepada masyarakat, yakni di Kecamatan Pringsurat.


Kegiatan bhakti sosial sendiri dilakukan di Desa Karangwuni, Kecamatan Pringsurat, dengan memberikan ribuan bibit tanaman seperti tanaman buah, tanaman keras, tanaman angan serta 200 paket sembako.[ rio ]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply