Headlines

BERITA

SIC

RESCUE

KLATEN

» » Kakorlantas Polri Resmikan RTMC Polda Jateng



Semarang - Mendukung program jangka panjang Mabes Polri yang menargetkan hingga tahun 2014 seluruh jajaran kepolisian mulai dari Polda hingga Polres seluruh Indonesia sudah memiliki "Traffic Management Center (TMC)". Maka Polda Jawa Tengah melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng meresmikan Program Traffic Management Center, Sabtu (01/06/2013) kemarin di halaman Mapolda Jateng.

TMC merupakan program yang berfungsi sebagai pusat pengendali dari Komando Koordinasi Komunikasi dan Informasi (K3I) di tingkat lalu lintas, namun juga dapat berfungsi dengan kesatuan lain juga dengan pemerintah untuk membantu dari informasi yang diberikan.

TMC juga berfungsi memantau kemacetan, kecelakaan lalu lintas, serta kejahatan di jalan raya. Serta dapat berfungsi sebagai pengawas bagi anggota kepolisian saat bertugas, dan membantu dalam pengamanan suatu wilayah. Melalui kamera closed circuit television (CCTV), TMC dapat memantau dengan jelas bagaimana situasi yang sedang berlangsung di setiap letak CCTV di pasang.

Untuk tingkat nasional program itu bernama NTMC (National Traffic Management Center) yang menjadi pusat kendali dari beberapa TMC yang ada di wilayah-wilayah Indonesia. Untuk tingkat Polda sendiri program ini bernama RTMC (Regional Traffic Management Center).


Peresmian RTMC Polda Jateng yang berlangsung Sabtu kemarin ini turut mengundang beberapa pejabat dan perwakilan-perwakilan dari institusi pemerintah yang berkaitan dengan jalan raya, diantaranya dihadiri dari perwakilan Dinas Perhubungan Daerah, Dinas Kesehatan Daerah, dan beberapa perwakilan institusi di Jateng.


Kepala Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng Kombes Pol. Istu Hari Winarto, tidak lupa mengundang Kepala Korp Polisi Lalu Lintas Irjen Pol. Drs. Pudji Hartanto,MM. yang juga berperan penting dalam mengkampanyekan pelopor keselamatan berkendara melalui media-media dan juga NTMC.

"RTMC diharapkan dapat tumbuh dan besar seperti NTMC untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara real time". Ujar Kakorlantas Polri dalam kesempatan pidatonya.

Peresmian RTMC Polda Jateng ini juga dihadiri oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Didiek Sutomo Triwidodo yang turut memantau langsung program-program kerja yang akan dijalankan RTMC ini kedepannya. "Dengan adanya RTMC ini Polda Jateng semakin siap untuk menghadapi arus mudik yang sudah dekat". Ujarnya.
  
Kakorlantas yang didampingi Kapolda Jateng mendapat kehormatan untuk meresmikan ruang RTMC Polda Jateng yang menempati salah satu ruang di lantai 3 gedung Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng, dan juga merupakan tamu kehormatan untuk menandatangani batu prasasti di ruang RTMC.

"Selamat kepada RTMC Polda Jateng" Ujar Kakorlantas Polri.

sumber ntmc polri


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply